Tuesday, September 2, 2014

Wajah Manusia Sarang Jutaan Tungau

Relakah Anda kalau ada yang mengatakan bahwa wajah rupawan kita yang selama ini kita rawat dengan sebaik-baiknya agar tak kehilangan pesonanya itu, ternyata adalah sarang jutaan tungau? Bayangkan, jutaan tungau bersarang di muka kita! Mengerikan sekali, bukan? Namun apa mau dikata, karena ternyata sebuah studi baru telah menemukan kenyataan bahwa wajah kita memang adalah rumah bagi jutaan tungau. Dan yang lebih menyakitkan adalah, ternyata mereka juga tidak terpengaruh oleh pencucian dan pembersihan wajah yang terus-menerus! Gila betul! Dilansir dalam laman Delhi Daily News, penelitian ini dilakukan oleh Megan Thoemmes dan Rob Dunn dari North Carolina State University.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One edisi 27 Agustus 2014 ini menyebutkan bahwa orang yang berusia 18 tahun ke atas telah menjadi tuan rumah bagi sedikitnya satu spesies tungau yang bisa berjumlah hingga ribuan. (Baca: Jennifer Lopez Jadi Nama Tungau Air Jenis Baru)
Hasil studi ini menyebutkan, ada sekitar 48 ribu spesies tungau di seluruh dunia, dan dua dari mereka ditemukan hadir pada kulit wajah. Dua tungau ini ialah Folliculorum Demodex dan Demodex Brevis. Peneliti menambahkan, limbah tungau dan DNA dari tungau yang mati juga akan bercampur dengan lapisan berminyak kulit. (Baca: Cara Murah dan Alami Atasi Jerawat)
Meski penelitian ini hanya dilakukan pada relawan Amerika, tetapi peneliti yakin bahwa manusia di seluruh dunia bisa menjadi tuan rumah bagi hewan yang pandai beradaptasi dengan lingkungannya itu.

No comments:

Post a Comment